My Best Panoramio

Rabu, 24 April 2013

Hoax (Pemberitaan palsu)


Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu, biasanya bersifat SARA berkecenderungan mengadu-domba, membuat kecemasan, keresahan, rasa benci. Lebih parahnya lagi bertujuan mempertebal "keimanan" yang salah kaprah akibat dari kepalsuan berita tersebut
Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

Jenis hoax
Kebohongan bervariasi dalam proses penciptaan mereka, propagasi, dan digali dari waktu ke waktu. Sebagai contoh:

  • Hoax agama: misalnya melebih-lebihkan kesengsaraan yang dialami suatu kaum yg tertindas, photo beribadah diantara desingan peluru, pembantaian (genosida) kaum/suku/ras tertentu  dsb.
  • Kebohongan yang dilakukan pada kesempatan ketika inisiasi mereka dianggap layak secara sosial, seperti Hari April Mop '
  • Antropolog yang diambil oleh "Manusia Piltdown" Penemuan yang diyakini 1913-1953.
  • Klaim apokrif yang berasal sebagai tipuan, mendapatkan kepercayaan luas dari para anggota budaya atau organisasi, menjadi berurat berakar sebagai orang yang percaya  mengulanginya dengan itikad baik kepada orang lain, dan terus perintah keyakinan bahwa setelah pencetus tipuan ini telah meninggal.
  • The "Bruno Hat" tipuan seni diatur di London pada Juli 1929 melibatkan pementasan pameran publik meyakinkan lukisan karya seorang seniman tertutup imajiner, Bruno Hat. Semua pelaku yang terdidik dan tidak berniat penipuan, seperti surat kabar diberitahu hari berikutnya. Mereka yang terlibat termasuk Brian Howard, Evelyn Waugh,   Bryan Guinness, John Banting dan Tom Mitford.
  • Kebohongan dibentuk dengan membuat perubahan kecil atau secara bertahap meningkat menjadi peringatan atau tagihan lainnya beredar luas untuk tujuan yang sah.
  • Kebohongan yang dilakukan oleh "taktik menakut-nakuti" menarik biaya penonton keyakinan subyektif rasional bahwa diharapkan tidak percaya tipuan (biaya jika pernyataan perusahaan adalah kali benar kemungkinan kebenarannya) melebihi biaya yang diharapkan percaya tipuan (biaya jika palsu kali kemungkinan kepalsuan),   seperti klaim bahwa program non-berbahaya namun asing di komputer seseorang adalah malware.
  • Beberapa legenda perkotaan dan rumor dengan upaya sadar kemungkinan untuk menipu.
  • Humbugs (omong kosong)
  • Hoax virus komputer meluas sebagai virus itu sendiri mulai menyebar. Sebuah tipuan yang khas adalah penerima peringatan pesan email dari ancaman tidak ada,   biasanya mengutip otoritas palsu seperti Microsoft dan IBM. Dalam kebanyakan kasus payload adalah suatu desakan untuk mendistribusikan pesan ke semua orang di buku alamat penerima. Terkadang tipuan lebih berbahaya, misalnya, mengatakan penerima untuk mencari file tertentu (biasanya dalam sistem operasi Microsoft Windows), jika file ditemukan komputer dianggap terinfeksi bila tidak dihapus. Pada kenyataannya file yang dibutuhkan oleh sistem operasi untuk berfungsi dengan benar komputer.
  • Sebuah tipuan paparan adalah operasi sengatan semi-lucu atau amatir. Biasanya mendorong orang untuk bertindak bodoh atau credulously dengan jatuh untuk omong kosong   paten yang hoaxer sengaja menyajikan sebagai realitas. Sebuah kegiatan terkait budaya nge-jam.
  • Rodney Marks yang menggambarkan dirinya sebagai seorang komedian perusahaan, menyajikan pembicara utama palsu di acara-acara bisnis. Pidato ini biasanya   mengungkapkan presenter juga informasi tentang konferensi dan tokoh-tokoh, tapi semakin penonton mengecam sampai mereka mengakui komedi.
sumber: en.wikipedia.org/wiki/Hoax

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar